#ngemilbaca Darmo Gandul

Yang ini lebih mengerikan lagi. Kalau Sabda Palon berhenti di kisah sampai ditemukannya Demak sebagai kota yang potensial untuk pusat keberagamaan Islam di Jawa (Setelah para ulama ini berjalan menyusuri banyak kota di Jawa)
Maka Darmo Gandul ini menceritakan kelanjutannya. Yang cerita bahwa setelah putra Kertabumi aka Raden Fatah diberi tanah perdikan, dia justru menyerang ayahnya sendiri dan menghancurkan Majapahit!!

Oh No!!!!
Aku geleng-geleng. Ini tidak pernah hadir dalam mimpi atau anganku. Oh ini yang orang-orang bilang baca ini bisa mengguncangkan jiwa. (*drama nih :D)

Tapi aku meneruskan membaca dan menghela nafas berkali-kali. Lalu memahami mengapa ada orang-orang di pojok Jawa sebelah timur sana yang konon katanya memiliki dendam pada orang Jawa (tengah).

Pas aku curhat sama guruku tentang hasil bacaku ini, kegoncanganku juga, dia bilang sejarah itu kan tergantung siapa yang menulisnya (oke, aku sudah pernah dengar ini)]
dan lagi kita belajar dan membaca sejarah itu kan untuk mengambil pelajaran, supaya  kita lebih baik ke depannya. jadi jangan terpaku pada sejarah itu sendiri, tapi pikirkan apa yang  bisa dikerjakan berbekal sejarah itu untuk solusi bagi bangsa ini, lanjutnya.

Oh oke. Ndilalah, bersamaan aku membaca dua buku ini, aku menemukan pertanyaan seseorang di twitter, bagaimanakah sebenarnya cara yang paling tepat bagi syariah (di negeri ini)?
*ini bisa dianggap relevan, bisa juga tidak. tapi bagiku sedikit berhubungan.

Penyerangan Demak atas Majapahit seperti yang dituduhkan serat Darmo Gandul itu kan seolah hendak mendirikan khilafiyah dengan 'menghilangkan' yang terdahulu. (meskipun ini dipertanyakan kebenarannya, karena versi lain mengatakan Majapahit itu memang sudah mau runtuh saja. Wallohu a'lam bishshowab)

Di jaman sekarang, ada kelompok yang ternyata mau bikin demikian. Mendirikan khilafiyah dengan yachh...tahu sendirilah.

Padahal ya....cukup pertumpahan darah dan kehancuran itu terjadi di jaman dulu. Jangan lagi deh.
So...pertanyaan seseorang di twitter itu benar juga (dia kebetulan non muslim)
Teman muslim, bagaimana sih sebenarnya menegakkan syariah itu? Haruskah persis sebagaimana syariah (mungkin maksudnya kalau mencuri dipotong tangan dst)  atau bagaimana?

Saya yang juga bingung bagaimana menjawabnya, hanya bisa me RT pertanyaan itu. Tapi belum ada yang menjawabnya. Anda?



#ngemilbaca Sabda Palon

Setelah dua tahun lamanya dua buku itu ngendon di dalam lemari, akhirnya saya mulai membacanya satu persatu. Tahu kenapa saya tidak juga berani membacanya? Karena konon katanya isinya bisa mengguncangkan jiwa. Dan benar saja, bahkan setelah saya dengan tidak sengaja mempersiapkan diri saya untuk membacanya, saya toh tetap terkejut dan tercenung, termenung-menung.


Sabda Palon bercerita dari sejak sejarah Bumi Wilatikta yang adalah Majapahit. Yang berhasil menyatukan Nusantara berkat peran Gajah Mada dengan sumpah Palapanya (by the way Alhamdulillah desember kemarin saya sudah sampai ke tempat dideklarasikannya Sumpah Palapa ini oleh Gajah Mada. Suasana tempatnya seram dan angker, dan aku datang sendiriiiii.....jadi kebayang kan bagaimana bulu kudukku berdiri?)

Dari sejak berdirinya, dari jaman Singosari sampai Majapahit, terus terjadi pemberontakan, perebutan tahta, perang saudara dst. Antara pakde, keponakan, sepupu, ipar, paman, saudara tiri dst dsb. haduuuh, aku nggak hafal semua nama dan juga perangnya. Btw, suatu saat aku harus bisa hafal (*tekad)

Yang menyenangkan dari buku ini adalah kita belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan. Gaya bertuturnya mengalir, tidak membosankan. ada actionnya, ada roman percintaannya, ada relijius spiritualnya, dan simbolis serta pelajaran filsafati juga sufi-nya. Komplit deh.

Penokohan dan settingnya juga detail, sehingga kita bisa mengenali masing-masing karakter dengan kekhasannya padahal jumlah karakternya sakdayak saking banyaknya. Adegan-adegannya juga ditampilkan filmis sehingga kita bisa membayangkannya dengan jelas.

Yang sedikit mengganggu paling ya kadang-kadang diulang keterangan mengenai nasab seorang tokoh. Maklum ya, maksudnya biar jelas gitu, hubungan dan keterkaitan tokoh ini dengan tokoh-tokoh penting lainnya.

Cerita dari pusat Majapahit, kemudian ke beberapa tempat 'jajahan' alias yang ditaklukkannya macam Pasai, Malaka, Vietnam, Champa, Palembang, Singapura dll, membuat saya jadi ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut. sedangkan tempat-tempat yang seputaran jawa timur, jawa tengah dan jawa lah pokoknya, saya jadi membayangkan lebih jelas.

Nah!
Jadi siapakah sebenarnya Sabda Palon itu? temukan jawabannya di sini :D





Apakah Medioker (atau Mediokre) terlahir sebagai Mediokre?


  • Tadi pagi ada sebuah pikiran mendelesak ke dalam benak saat saya berjalan ke arah PMI (beberapa hari terakhir sejak bencana banjir yang juga melanda pinggiran-perbatasan Demak dengan 4 kota lain-Kudus-Pati-Purwodadi-Jepara, Dapur PMI memasak dan menyiapkan ribuan nasi bungkus untuk para pengungsi)

Kebetulan saya melewati beberapa rumah yang telah mengalami perubahan wajah yang signifikan. Dulunya rumah-rumah itu sudah mewah dibanding dengan sekitarnya. eh kinipun direnovasi agar memiliki style terbaru. sehingga lebih wah lagi. 

Dua-tiga rumah mewah ini milik seorang teman ayah semasa kuliah. Ayah pernah suatu kali bercerita bahwa dulu semasa kuliah, justru si A-sebut saja begitu namanya ya- meminta contekan dari ayah. Dari segala tugas, ujian sampai dengan tugas akhir, ayah yang banyak bantu. Bukan cuma dalam pelajaran saja, tapi kadang-kadang dalam masalah keuangan juga. Tapi-masih kata ayah nih meski kenyataannya memang begitu-si A ini di kemudian hari 'lebih sukses' daripada ayah. Apalagi jika ukurannya adalah status dan materi. 

Cerita itu sudah lama berlalu. Ayah saja sudah meninggal tahun 2001. Tapi saat tadi lewat, entah kenapa pikiran itu masuk mendelesak (opo jal iki? :D)

APAKAH MEDIOKER ITU TERLAHIR SEBAGAI MEDIOKER? (dan sebaliknya?)

Lalu saya ingat tentang sebuah fenomena lain. Saat suatu kali saya penasaran dengan kekaguman salah seorang teman pada teman lainnya (mereka sesama pengusaha). Yang katanya temannya teman saya itu (akhirnya jadi teman saya juga) sangat hebat dan keren. Top  pokoknya. Dibandingkan dengan teman-teman lainnya yang boleh dibilang cuma medioker, atau mediokre atau cecerembe atau apalah istilahnya.

Lalu suatu kali setelah saya mengenal dan dekat dengan temannya teman yang dianggap hebat (yang akhirnya jadi teman saya juga itu), saya melihat sesuatu. Bahwa diapun (yang hebat ini) masih merasa medioker dibanding dengan orang/perusahaan lain lagi di luar sana yang lebih hebat dari si hebat ini. 

JADI
Yang hebat bagi sebagian orang, merasa medioker juga dalam lingkaran yang lebih besar. 

So.... jan-jane iki meh ngomong opo tho? malah bingung dhewe.. hahah...dasar mediokre! :D

From Zero To Hero

Alhamdulillah...pecah telur lagiii. seneng buanget nambah antologi, nambah nama teman-teman alias saudara-saudara sebuku, dan semoga bukunya berkah manfaat. Aamiin :)
Ini dia pengumumannya :))
Congrats! Dan berikut nama para nominator yang terpilih dan karyanya akan terbit dalam 3 antologi Dreams to be a Hero, From Wisdom to Freedom, dan Second Chance.
Informasi terbit akan diberitahukan lebih lanjut. Terima kasih.

Buku 1 #FromZeroToHero (Dreams to be a hero)
  1. @_blcklf – Namanya Mahdi, Tak Kurang Tak Lebih_
  2. @Aira_Arsitha_From Enemy Becomes Friend
  3. @AkhmadZamroni3- Dari Ketuk Pintu hingga Ketok Batu
  4. @alfarafa – Man Jadda, pasti wajada
  5. @andinaalmira – Mama dari empat anak, bunda seluruh warga
  6. @anggi_aka_anjis – Tidak Perlu Kau Kasihani Bunda
  7. @Aoirisuka – Pahlawan di Salah Satunya
  8. @AriataUly – Sukses itu Perjuangan
  9. @arindashafa – Si Juragan Tempe
  10. @asriayun – Pencapaian Terbaikku
  11. @avan_fathur – Terima Kasih Allah
  12. @AzzuraNaafi_PENDIAM BUKAN BERARTI DIAM
  13. @Bella_FaZriine Jagung Anak Ayam
  14. @Championsjo Jangan Takut Sukses Karena Fisikmu!
  15. @chandra_widaa (si pemalu yang ingin jadi guru)
  16. @ddredy- Siapapun Boleh Bermimpi
  17. @dedulfaithful Be A Hero
  18. @devyMG – Kegagalan & Keberhasilan yang Berdampingan
  19. @diah_uciha ANAK DUSUN
  20. @dipoetri Namaku Andi
  21. @ercehauliyasari – Piano Brilliant
  22. @firmandataufiq – Menembus Impian
  23. @gluckFraulein + Item So what…! Sekarang Adem Berat!
  24. @hermesfortune_BERMIMPILAH DAN RAIHLAH IMPIANMU
  25. @Husnol_251 Koin-Koin Rupiah dan  Senjata Baru
  26. @Ilham_boam – Manusia di Pinggir Jalan
  27. @imadabdurrahman Apalagi Kalau Bukan Berusaha
  28. @immangs – Pahlawan Keluarga

Buku 2 #FromZeroToZero (From Wisdom to Freedom)
  1. @ipinkaramel Usahawan Muda
  2. @irahfirah – Sepotong Cerita Masa Lalu
  3. @IrSaputraX_(Dulu) Aku Abu-abu
  4. @jacqueline_east Berkat dari 20 Ekor Ayam
  5. @Jannah_Nida. Seuntai Mimpi di atas Jalan Takdir
  6. @kangwiguk ORANG MISKIN PUN BOLEH SUKSES, KOK!
  7. @Kerorokitta – Aku Anak Tukang Sampah, Tapi Aku Bukan Sampah
  8. @KeyDonatlovers – Pendek Adalah Tinggi Yang Tertunda
  9. @lilawardanii From Wisdom to Freedom
  10. @Maimunawaro – Melukis Dunia Maya
  11. @mariann3_andr3_Bidadari Tak Rupawan
  12. @MentariSKM – Potret Mimpiku di Puncak Kingdom Tower
  13. @mithasbu – Menggenggam Mimpi
  14. @mufieonni – Penantian Jadi Kenyataan_
  15. @NACWEEEEET – Setapak Langkah Penuh Berkah
  16. @nidafauz Aki
  17. @ninaliliales – SEMAKIN PEKAT SEMAKIN DEKAT-Nina Liliales
  18. @novellapoetri – Sang Pemimpi dari Kota Udang
  19. @nukhamurtadlo_Gadis Itu Adalah Ibu Ku
  20. @nununnck_Extra+ordinary=Extraordinary
  21. @nurry_savitri_CERITA DIBALIK ORA NGIRO
  22. @nurul_nuera – Life is Never Flat
  23. @Och1e_chan + Kenapa Harus Malu
  24. @Ovitt_ – Kawan
  25. @PatriciaAstrid3 – Rasa Baru Setiap Hari
  26. @pHoooyi_Furi Mimpi Dari Sekolah Pinggiran
  27. @PSisimaya Mereka Bilang Dia Gila
  28. @Puji_Norbawa_Evolusi Cinta Kunyuk

Buku 3 #FromZeroToHer (Second Chance)
  1. @QuikQuit – Just For Senyum Mereka
  2. @Rahaminta Aku Nomor 12, tapi Tekadku Nomor 1
  3. @rereechan – SEMUA BERAWAL DARI MIMPI
  4. @RiaMadjid – Sepenggal Kisah Guru Mengaji
  5. @ririn_arums Aku si Dokter Berkaki Satu
  6. @Rislin_Inkado – Kalah Ganteng Menang Nasib
  7. @rositudian Aku Ingin Menjadi Ayah yang Baik
  8. @rubahlicik – Mutiara Dalam Lumpur
  9. @RunNiya_wannaBe – Walau Kecil, Mimpiku Setinggi Bintang di Langit
  10. @Sa_Conanian1412 – Perempuan di Ujung Gang
  11. @septisaputridwi – Pemulung, itu Masa Lalu
  12. @siiqebo Ahmad dan Muslim Gaul
  13. @SitiLaili2_Kesempatan yang hilang kembali datang
  14. @suci_risalah – Akhirnya, Bisa Juga
  15. @thalianasiril_#from zero to hero
  16. @Ucymut – Pecundang 7 Tahun_
  17. @ummihasfa_Anak Penjual Dawet Dan Besek
  18. @US_Setyawan Bangkitnya anak Bodoh
  19. @veeza_10 Ini Aku yang Sekarang
  20. @viniki_YesS! -7+8
  21. @ViraElyansyah Banyak Gang Menuju Paris
  22. @wahyuwidya_ww – Menjemput Mimpi, Tanpa Jalan Tol
  23. @widikidrauhl Badan Pendek Prestasi Tinggi
  24. @wiwinindriyanti1_HARAPAN%20TERKABUL
  25. @yudigopels – tak perlu kaya untuk sukses
  26. @yuniarastya – Korea Tak Seindah Drama
  27. @yuyun_en Aku Kuli, Aku Dokter
  28. @zulzilaharth_Menjadi Bos Bawang

Sebuah Catatan Penjurian Cerpen

Catatan ini saya tulis atas permintaan teman-teman mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Undip. Mereka menunjuk saya menjadi salah satu juri lomba cerpen tingkat nasional beberapa bulan yang lalu.


Terus terang agak susah memilih di antara cerpen-cerpen yang sudah masuk. Karena mungkin banyak penulis yang masih belajar sehingga tidak banyak cerpen yang menonjol dan menarik. Tapi saya tetap harus memilih.
Sehingga berbekal poin-poin penilaian yang ditetapkan panitia : EYD, Tata Bahasa dan Kerapian, Kesesuaian Tema, Isi dan Cara Penyampaian, maka dengan mengucap bismillah, saya memilih beberapa cerpen yang lumayan dibanding ratusan cerpen lainnya yang masuk.
Sisanya menurut hemat saya masih harus ditulis ulang (re-write), jika ingin tetap dimasukkan dalam antologi. Untuk pelajaran, teman-teman pada kesempatan yang akan datang hendaknya memperhatikan hal-hal sbb:
1. Judul yang menarik, singkat dan menggambarkan isi tulisan.
2. Lead atau pembuka tulisan yang menyedot pembaca untuk meneruskan membaca.
3. Keutuhan cerita, kesegaran cara menuliskan (meski bukan hal baru) dan EYD.
4. Penutup yang 'nendang'! Atau hikmah yang bisa dipetik sebagai penutup cerita. Menggantung tidak apa-apa, asal masuk logika keseluruhan cerita.
Terima kasih untuk kesempatan menjadi juri ini. Mudahan berkenan dengan feedback yang saya sampaikan dan bisa menjadi ruang belajar, baik untuk saya, untuk panitia maupun untuk penulisnya.


Self Defense Dengan Tangan Kosong



  • Untuk sementara, semua itu tadi cukup sbg dasar dalam teknik perlindungan diri, terutama utk cewek, saat kita benar benar gak bawa apa apa.
  • Titik yg menyakitkan ditekan dg jempol berkuku tajam: Leher, titik belakang telinga, siku bag dalam, pergelangan tangan dalam, bawah ketiak.
  • Dari Jempol, Jari Tengah & Jari Manis, yg paling kuat utk menusuk adl Jempol. Dalam teknik self defense, Jempol lah yg paling efektif dipake
  • Dari 5 jari kita, yg terkuat adalah Jempol, Jari Tengah & Jari Manis. Jadi klo ingin pelihara kuku tajam sbg senjata, pilih 3 jari tsb.
  • Krn 80% aksi fisik dilakukan tiba2, serangan balasan dg gunakan kuku jari yg tajam ke titik vital, cukup utk mengejutkan lawan dg rasa sakit
  • Dlm self defense senjata kita yg terdekat adl tangan kita. Jari jari tangan kita dg kuku yg tajam bisa jadi senjata awal, terutama utk cewek
  • Klo mulut dibekap dari belakang, jg bisa menekan pergelangan tangannya yg membekap mulut kita, dg kuku jempol yg tajam. Bekapan akan kendor.
  • Kalau mulut kita dibekap dari belakang, gunakan kuku jempol yg tajam utk menekan & tusuk siku lawan bagian dalam. Bekapan mulut akan kendor.
  • Klo siku lawan cekik leher kita dr belakang, dg 2 tangan gunakan kuku jempol tajam utk tusuk pergelangan & siku lawan. Cekikan lawan kendor
  • Bahkan klo mulut kita dibekap dari belakang / leher dicekik dari belakang, dg jempol berkuku tajam, kita bisa tusuk tangan lawan agar kendor
  • Klo satu tangan kita dicengkeram lawan, tangan satunya yg bebas (dg jempol berkuku tajam), gunakan menusuk pergelangan atau siku, agar lepas
  • Silahkan tes sendiri. Tusuk saja pergelangan tangan kita bagian dalam dimana jalur nadi berada, pake jempol kuku tajam. Sakitnya luar biasa.
  • Jempol dg kuku yg tajam juga sangat menyakitkan saat digunakan utk menusuk pergelangan tangan bagian dalam dimana jalur nadi berada.
  • Jempol dg kuku yg tajam juga sangat menyakitkan utk menusuk lekuk siku bagian dalam, apabila kita ingin melepaskan dari tarikan tangan lawan
  • Jempol dg kuku yg tajam, menjadi sangat menyakitkan digunakan utk menusuk titik dileher bernama Thyroid Cartilage (Googling utk gambarnya)
  • Saat kita tidak membawa apa apa, benar benar tangan kosong, jari jari kita bisa menjadi senjata yg efektif dan mematikan bagi lawan.
  • Cewek yg punya kuku tajam di Jempol, Jari Tengah & Jari Manis, sebenarnya bisa lepaskan diri dari hampir semua jenis cengkraman tangan lawan
  • Rahasia anatomi tubuh: Dari 5 jari, yg terkuat adl Jempol, Jari Tengah dan Jari Manis. Jadi buat cewek, pelihara kuku tajam di 3 jari tsb.
  • Jadi kalau kita dicekik dari depan, gunakan benda tajam apapun, seperti pulpen, utk menusuk lekuk siku bagian dalam. Tangannya akan lumpuh!
  • Rahasia anatomi tubuh: Lekuk siku bagian dalam adl titik vital utk melakukan gerakan tangan yg digunakan utk menyerang kita. Misal: Mencekik
  • Jadi klo ada orang main kasar narik kita, pegang aja tangannya lalu puntir pergelangannya dg keras ke arah luar, sampe bunyi "KRAKK !!!"
  • Rahasia anatomi tubuh: Pergelangan tangan kalau diputer dg keras ke arah luar, bisa patah dan butuh 4 bulan utk pulih, itupun masih cacat.
  • Jadi klo ketemu orang yg suka mendongakkan kepala + metenteng, cukup dg pulpen atau cutter atau jarum, kita bisa membunuhnya. Simple! :-)
  • Rahasia anatomi tubuh: Bertolak pinggang (metenteng) justru membuka titik mematikan dibawah ketiak & jalur darah dilengan atas bagian dalam.
  • Rahasia anatomi tubuh: Mendongakkan kepala membuat titik titik mematikan di leher terbuka utk diserang. Leher penuh dg titik mematikan!
  • Content from Twitter
  • Mereka yg suka membully orang lain secara fisik atau membully kekurangan fisik orang lain, seharusnya bertemu dg saya & teman teman saya :-)
  • Jadi ingat saja klo bangga gunakan jari sesuka hati hina orang didunia maya, ada orang lain yg bisa membunuh dg jari mrk didunia nyata :-)
  • Ada yg lebih suka menggunakan jari mereka utk menghina orang lain didunia maya. Kita di Kungfu lebih suka gunakan jari utk belajar akupuntur
  • Tapi tahukah, didunia nyata, kita juga bisa gunakan jari jari kita utk bikin jantung orang berhenti dg serang titik akupuntur tertentu :-)
  • Ada juga jokes berbunyi, "Jari jari kita bisa membuat orang lain terkena serangan jantung" (akibat apa yg kita tulis didunia maya)
  • Tapi tahukah, didunia nyata, jempol bisa digunakan utk membuat orang terkena stroke tiba tiba dg menyerang titik akupuntur tertentu :-)
  • Ada sebuah jokes yg berbunyi, "Jempol bisa membuat orang lain terkena darah tinggi" (akibat apa yg kita tulis didunia maya).
  • Dari ke 5 jari kita, yg terkuat adl Jempol, Jari Tengah & Jari Manis. Dg 3 jari itu saja sdh cukup utk membuat orang terkapar dg nekan leher
  • Dalam ilmu seni bela diri ada teknik dan jurus khusus utk menggunakan jari menyerang titik akupuntur mematikan utk keperluan self defense.
  • Jempol + jari jari yg lain mmg hanya bagian kecil dari tangan. Tapi dg latihan & teknik yg tepat bisa digunakan utk membuat orang terkapar.
  • Mrk yg punya hobi gunakan jempol menghina orang lain didunia maya, harus tahu, orang lain bisa gunakan jempol juga utk membunuh mereka :-)
  • Jempol tidak hanya bisa digunakan untuk ngetwit, tapi juga bisa untuk menekan & menyerang titik akupuntur yang mematikan utk self defense.
  • If you dare try to steal my moon cake, I will use my kungfu to kick you. Haiyaattt! (9’̀⌣’́)9