Muhasabah Hari Arafah

Muhasabah Hari Arafah



Di Hari Arafah kemarin sempat mengenang-ngenang dan juga sedikit ngecuit kontemplasi alias renungan aka muhasabah di twitter nih.


Mari mengenang2 aja yuk
Tadi bakda dhuhur, rombongan haji bergerak menuju Arafah. Malam sebelumnya, dan juga hari2 seputaran itu, jalan2 sdh penuh sesak jamaah haji
Kami bhkn tdk bs naik angkot dr dpn maktab di hafair,saking byknya org memenuhi jalan shg mobil tdk bisa lewat. Jd 2km PP ke masjidil haram

Tiba2 ingat seloroh bulikku yg kmrn aku titipin doa pas mau berangkat haji lagi.kyk alm bapak,krn jd pembimbing haji,jd ke mekah kyk ke bali

Aku: panggil nama kami y. Bulik: Lah klo manggil kamu tuh sdh pasti tiap haji/umroh,kupanggil. Kamunya pas dipanggil, melek po merem? Aku:  *meringis.

Maksudnya melek tuh kesadaran dan hati kita ke Mekkah juga nggak pas dipanggil2? Kalau iya, jd frekuensinya sama, magnetnya jd lbh kuat.

Lbh jauh ke blkg lagi,pas jmn kuliah sbnrnya aku sdh pernah ditawarin tmn bpk u/ diberangkatkn haji. Syarat bc ratusan sholawat malam hari

Nah, itu pun mungkin maksudnya melek, berkesadaran, menyesuaikan frekuensi panggilan, memantaskan diri, nyadong tenanan neng Gusti Allah

Dasarnya belum rejeki, jd waktu itu aku gak bc tuh sholawatnya. Alesaaaan. Pdhl krn males 😁 Jd batal deh. Pdhl bbrp OB aja diberangktkn haji

ktk qodarullah bs haji brg adik2&ipar,ya berasa too good to be true.Tp itu mungkin gayaNya memberi obat atau stabilizer stlh kematian suami

Bau harum daging dibakar tiap kali kita lewat dpn kedai shawarma itu juga sbnrnya yg kdg bikin kangen Madinah. πŸ˜‚ Di sini nggak ada😁

Bau udara subuh tiap kita jln ke Nabawi/masjidil haram itu juga yg bikin kangen.Kdg klo pas subuh lewat dpn masjid Agung Demak,mirip auranya

Lewat masjid agungnya bukan subuhan, tp mau beli nasi pecel di pojokannya. Jiaaah, dasarπŸ˜‚

&tentu saja di tanah haram yg pasti penuh cinta itu, kita serta merta teringat&mendoakan org2 yg sgt kita cintai.Tak peduli mrk melek/merem

Klo melek/merem konteks yg barusan adlh,kita bhkn tdk peduli yg kt doakn itu sadar atau tdk klo sdg kita doakn.Cinta ki piye y. Yo ngono lah



Malam2 menuju Arafah gini, lalu dilanjut ke  pemberhentian di Muzdalifah&Mina,bis dg telolet2nya membelah gelap d padang pasir. *klo skrg mgkn terang?

Gelap, gelap, gelap sepanjang perjalanan. Dan kami membayangkan sdg digiring mnj padang mahsyar. Ah mungkin skrg msh gelap ya jalan2 yg itu

Menapak tilasi kekasihNya, Ibrahim, yg spt itu jd dambaan smua org u/ berhaji. Knapa poligami dibenci pdhl Ibrahim poligami. *Lho ke mana2πŸ˜‚

Terutama yg bikin khusyu,saat di Arafah, sbnrnya adlh dosa2 kita. Sadar akan janjiNya, bhw dosa2 diampunkan di hari&tempat istimewa itu....bikin kita tertunduk, nangis,campur aduk antara malu dan haru biru.Sayangnya y sayangnya,krn kita manusia, selepas haji pun msh bikin dosa

suka takjub lihat adik2 juga tmn2 yg selepas haji, jd rajin jamaah ke masjid.Melanjutkn kebiasaan arbain di Nabawi&jamaah sholat d masjdlhrm



Klo ingat karuniaNya yg begitu besar,jd ewuh klo kdg suka kurang syukur.Pdhl Dia-Nya berkali2 membantu kita tegak berdiri stlh kt jatuh
Klo skrg blum lagi bs menangis haru,kangen haromain,krn kegetiran yg sdg lewat dlm hidup, ya mari nikmati kegetiran ini. Atau mgkn akan.....tiba masanya kt tak lagi hidup dg cara2 melankolis spt dulu. Maybe we'll lift&shift to another paradigm, cara berbeda menyikapi hidup
Mungkin. Who knows. Smoga bukan krn apatis thd kehidupan. Atau Hidup segan,mati tak mau. Smoga hy krn hormon,atau pms, atau apalah lainny
Sudah ya, drpd nglantur ke mana2. Mari kita tidur. Sembari kirim doa pd jamaah haji yg sdg ke Arafah. Smoga diberi kemudahan&kelancaran.



Disambung cuitan lagi paginya tuh....

Sugeng sahur, tweeps. "Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." -HR Muslim
Selamat berpuasa Arafah. Semoga Allah mengampuni dosa2,kebodohan kita. Mengganti tangis dg senyunan. Mengganti luka dg kebahagiaan....
Mengganti kesempitan rejeki dg kelapangan, kesesatan dg petunjuk,kesulitan dg kemudahan, penyakit dg kesembuhan, keputus asaan dg harapan...
Semoga Allah meneguhkan iman islam kita. Menjadikan kita org yg rendah hati dan beruntung senantiasa mdptkan pertolonganNya. Aamiin




apakah kita mengira Dia lalai dlm menilai, shg kita kdg masih menyimpan kebencian atas situasi yg kita alami dan/atau org2 yg dtg menyakiti?

apakah tertipu materi atau cinta, mrpkn hal duniawi yg Dia berlepas dr resikonya. krn kata Rasul, engkau lbh tahu ttg mslh duniamu
Dg puasa Arafah, Allah menghapus dosa setahun lalu dan setahun ke depan itu mungkin maksudnya Dia juga menghapus kehinaan&kebodohan2 kita
For that reason, makanya kdg kita suka melihat kok ada pendosa yg tetap sukses&jaya pdhl kita tahu dia pernah berdosa. Itu krn kemurahanNya

pendosa itu taubat&Dia terima taubatnya,memberikan khdpn yg lbh baik. Sdgkan yg didosai atau didholiminya kdg msh blm move on,bhkn terpasung
keterpasungan itu yg membuatnya jd makin tertinggal dr si pendosa yg taubat. apalagi klo ia menyimpan kebencian&dendam dlm dirinya
btw,itu hy asumsi.Wallahu a'lam bishshowab.Krn yg tahu kebenarannya hy Dia.Tp keyakinan kita sungguh diuji.Kita percaya nggak Dia Pengampun?
Sementara yg pendosa diampuni,mosok kt gak percaya klo yg didosai/didholimi juga mdpt kasih yg sama dariNya? Apa kita meragukan keadilanNya?

Pd akhirnya mmg hanya antara diri & Tuhan.Tuhan saja.Tuhan lagi.Tuhan terus.
Hanya. Antara. Diri. Dan. Tuhan.
Hanya
Antara
Diri
Dan
Tuhan



Kalau Tuhan saja mengampuni dosa2mu, kenapa tak kau ampuni dosa2mu sendiri? 

Prime Time-nya hari Arafah adalah setelah Ashar sampai sebelum Maghrib ya. Doa yg sebanyak2nya dan sebaik2nya. Smoga kita mendptkn keutamaan

Do’a yang paling utama adalah di hari Arafah --Laa Ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lah. Lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wahuwa alaa kulli syai'in qodiir

Tuhan hrsnya menghukum mrk yg 'jahat' tp Dia mengampuni jk mrk bertobat. How we could handle with that? Satu2nya cara mungkin adl muhasabah
kalau yg didholimi tidak rela? How God handle with that?

Tuhan itu Maha Bekerja, jadi Dia tidak datang kepadamu dengan jarak. Dia menyatu denganmu dalam kerja - rayya

Byk2 amal,ke tgn palsu jg gpp kok yg penting niatkn pd yg asli.Dia sendiri yg mengalihkn dr tgn palsu k tgn asli tanpa kita tahu~

Byk2 cinta,ke tgn palsu jg gpp kok yg penting niatkn pd yg asli.Dia sendiri yg mengalihkn dr tgn palsu k tgn asli tanpa kita tahu

mudah bg Tuhan utk membersihan kembali siapa2 saja yg Dia kehendaki. karenanya tdk ada kebencian pd person,slalu ada pintu taubat terbuka

manusia tdk layak memberi penghakiman. Dia yg lbh tahu yg hakiki. Dia yg simpan rahasia2 yg tak kita ketahui.
Jebakan sok tahu dan kesombongan acapkali yg menjegal langkah2 kita sendiri. 

Di antara hari yg Allah byk membebaskn seseorg dr neraka adl hr Arafah.Dia mendekati mrk lalu menampakkn keutamaan mrk pd malaikat-HR.Muslim

 "Pada hari Arafah, diangkat segala amalan kepada Allah, melainkan orang yang bermusuhan."
So, mohon maaf lahir batin.

Dan ini ada Doa Arafah untuk semua: 
ya Allah, pertemukanlah para jomblo di seluruh dunia dengan jodohnya. aamiin

Selamat berbuka puasa arafah, bagi yg menjalankan.. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Walillahil hamd. Selamat idul adha..  











0 komentar:

Posting Komentar